Mengenal Tentang Komputer

Mengenal Tentang Komputer



A.Pengertian

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

B. Latar Belakang

Memahami tentang komputer sehingga kita tahu tentang komputer dan tidak salah dalam penjabarannya

C. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan nya adalah agar kita mengenal tentang komputer lebih dalam lagi

D. Alat dan Bahan

1. Laptop
2. Materi tentang komputer

F. Ulasan tentang Komputer

     Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server).Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya

 Fungsi Komputer adalah Sebagai alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan untuk mempermudah pekerjaan dan sebagai alat komunikasi serta dapat digunakan untuk hiburan

Kegunaan Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Pekerjaan jadi Lebih Mudah dan Cepat
Dalam dunia pekerjaan, komputer mempunyai peranan sangat penting dalam membantu mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Sebagai contoh, ketika belum ada komputer orang harus menggunakan mesin ketik untuk mengetik. Kertas akan disobek / diganti ketika ada kesalahan dalam pengetikan. Namun dengan komputer kita dapat mengeditnya berulang-ulang tanpa harus memboroskan kertas. Dan dokumen / hasil ketikan tersebut dapat disimpan dalam komputer.

2. Membantu Komunikasi
Dahulu hanya fasilitas telepon yang dapat dijadikan alat komunikasi kepada orang yang jauh, dan itupun kita hanya bisa mendengar suaranya saja. Tidak lebih.
Berbeda dengan zaman serba canggih sekarang ini, dengan penggunaan komputer dapat berkomunikasi dengan orang yang jauh dan dapat melihat wajahnya secara langsung sambil berbicara dengannya. Bahkan kita bisa saling kirim file, gambar dan video.

3. Alat Untuk Menghibur Diri
Hiburan termasuk suatu hal penting bagi pribadi seseorang, terutama disaat suntuk. Maka dengan komputer kita bisa mendengarkan lagu favorit dan juga dapat melihat video – video lucu yang banyak tersedia di internet (terutama di Youtube). Bagi yang hobi main game, bisa juga dengan komputer tanpa harus  punya PS3 atau PSP.

4. Membantu Dunia Pendidikan
Proses belajar zaman sekarang dengan proses belajar zaman dulu sudah jauh berbeda. Kalau dulu umumnya orang hanya bisa belajar dari sekolah / pendidikan formal lainnya. Sekarang, kita bisa menggali segudang informasi dari internet tentang segala pengetahuan. Mahasiswa mencari tugas kuliah umumnya dari internet.
Atau kita juga bisa belajar dari aplikasi – aplikasi yang sudah diinstall di komputer. Seperti Adobe Photoshop (untuk edit foto), Corel Draw (untuk design), dll.

5. Membantu Menemukan Informasi
Untuk manfaat yang satu ini kita perlu tambahan akses internet pada komputer. Sebab informasi yang kita butuhkan hanya ada di dunia maya / internet. Contoh informasi yang bisa diperoleh yaitu :
- Informasi Jadwal Penerbangan
- Informasi Ilmu Pengetahuan Sekolah / Kuliah.
- Informasi Lowongan Pekerjaan
 - Informasi Teknik Perbaikan Komputer, Kendaraan, dll

6. Membantu Membuka Usaha
Banyak sekali bidang usaha yang dapat kita mulai hanya dengan modal komputer, diantaranya yaitu :
- Membuka Kursus Komputer
- Bisnis Online
- Percetakan dan Sablon.
- Menjadi Programmer Freelance (seperti Saya, hehee)
- Rental Komputer
- Teknisi / Instalasi Komputer.
- dll.

Selain Manfaat Komputer diatas, ada juga dampak negatif dari Kegunaan Komputer yaitu diantaranya :
1. Banyak orang (khususnya pelajar) yang terlarut dalam game / permainan kesukaannya sampai lupa
    pada tanggung jawab pokok diri mereka sendiri.
2. Ada lagi yang suka mengakses situs – situs yang terlarang misalnya situs yang menyediakan konten
    porno atau perjudian online.
3. Sering terjadi pencurian secara online atau penipuan (melalui situs web tertentu) yang dilakukan orang
    tidak bertanggung jawab.
4. Sebagian programmer yang tidak bertanggung jawab bahkan mencuri data pribadi orang lain untuk
    kemudian digunakan untuk aksi kejahatan. 

G. Hasil dan Kesimpulan

Kita jadi tahu tentang komputer, pengertian komputer, manfaat komputer dll

H. Referensi

http://blogmekanikkomputer.blogspot.co.id/2013/01/kegunaan-komputer-dalam-kehidupan.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer
Previous
Next Post »