Mengatasi eror pada phpmyadmin (the mysqli extension is missing. Please check your PHP configuration. See our documentation for more information)

Mengatasi eror pada phpmyadmin
(the mysqli extension is missing. Please check your PHP configuration. See our documentation for more information)























A. Pengertian


      phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web). phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perizinan (permissions), dan lain-lain)

B. Latar Belakang

 Disini saya mendapatkan masalah pada phpmyadmin saya.

C. Maksud dan Tujuan

Saya ingin mencoba memperbaiki phpmyadmin saya sendiri


D. Alat dan Bahan

 1.Laptop

E. Jangka waktu yang di butuhkan

Jangka waktu yang saya butuhkan sekitar 10 menit

F. Tahap Pelaksanaan

Pertama-tama kita buka terminal (Ctrl+Alt+T),,kemudian kita restart apache2 dan mmysql ,,dengan perintah  /etc/ini.d/apache2 restart  kemudian kita restart mysql nya  /etc/init.d/mysql restart




Kemudian kita kita buka web browser kita kita ketikkan di url localhost/phpmyadmin,,maka akan menampilkan sebagai berikut



Kemudian kata centang Automatically send report next time,,kemudian kita klik Igronw All




Kemudian kita isikan username dan password phpmyadmin kita ,,lalu klik Go

Phpmyadmin yang kita konfigurasi telah berhasil


G. Hasil dan Kesimpulan

Mungkin pada masalah ini terjadi karena saya baru downupgrade php5.6 ke php5.7 , sehingga mysql dan apache2 mungkin tidak synkron dengan php yang baru saya install.

H. Referensi
http://stackoverflow.com/questions/10769148/extension-mysqli-is-missing-phpmyadmin-doesnt-work
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Muslim Aswaja
AUTHOR
February 2, 2020 at 9:17 PM delete

Makasih, gan. Work like a charm.

Reply
avatar