Konfigurasi Dasar Mikrotik dengan Menembak Hotspot

Konfigurasi Dasar MikroTik dengan Menembak Wifi Hotspot



A. Pengertian

     Wi-Fi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Wi-Fi Alliance mendefinisikan Wi-Fi sebagai "produk jaringan wilayah lokal nirkabel (WLAN) apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11". Meski begitu, karena kebanyakan WLAN zaman sekarang didasarkan pada standar tersebut, istilah "Wi-Fi" dipakai dalam bahasa Inggris umum sebagai sinonim "WLAN".

B. Latar Belakang

Mengkonfigurasi router MikroTik agar dapat akses internet dari jarak jauh

C. Maksud dan Tujuan

Menembak wifi Hotspot dari jarak jauh menggunakan router MikroTik

D. Alat dan Bahan

1. Laptop
2. Router MikroTik
3. Kabel UTP

E. Jangka waktu yang Dibutuhkan

Jangka waktu yang dibutuhkan sekitar 20 menit

F. Tahap Pelaksanaan

1.  pertama masuk dulu ke winbok kita . jika sudah masuk maka tampilannya sebagai berikut :



2. Kemudian kita enable kan dulu wirelles nya dengan cara : pilih wireless ==>klik  wlan 1 ==>klik tanda centang

3. ketiga kita masukkan security profile , dengan cara klik security profile ==> buat nama profilnya "misalnya profile1" ==>centang semua kecuali tkip ==> masukkan password yang ingin kita tembak. kalau tidak ada password nya kita pilih none pada mode .==> apply ==> ok.


4. keempat  kita atur nama SSID nya yang akan kita tembak  dengan cara  ==> pilih wireless ==>double klik ==> pilih wireless ==> klik scan sebelah kanan ==>klik start ==> pilih SSID yang akan kita tembak ==> klik start  ==>  lalu klik connect .




5.kemudian kita security profiles pilih "profile1"  . jika sudah kita atur maka tampilan nya sebagai berikut : ==> apply ==> ok.



6. kemudian kita buat DHCP Client dengan cara ==> ip ==> DHCP Client ==> klik tanda " + " ==> pilih wlan 1  ==>apply ==> ok.




7. tunggu sampai "BOUND". itu tanda nya server telah memberi ip untuk kita bisa mengkoneksikan ke internet.



8. kemudian kita coba ngeping google dengan cara  ==> pilih new terminal  pada kiri layar ==>ketikkan " ping 8.8.8.8 " . kalau berhasil maka gambar nya sebagai berikut.

9. kemudian selanjutnya kita setting firewall nya2 sebagai berikut : ==> ip ==> firewall ==> klik NAT==> pilih tanda ''+'' ==> klik action==> pilih masqurade ==>apply ==> ok.




10. selanjutnya kita masuk ke DNS dengan cara ==>ip == pilih DNS ==>server diisi "  8.8.8.8 " ==>centang juga Allow Remote Requests ==>apply ==> ok.

 

11.  sekarang kita buka web browser kita .   "klik google.com"



G. Hasil dan Kesimpulan

Kita jadi dapat koneksi dari jarak yang jauh (kurang lebih 50 meter masih terdeteksi) sehingga kita bisa konek tanpa harus ke lokasi tersebut.

H. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi
Previous
Next Post »